banner

author photo
Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan. Selama ini kita tidak tahu kegunaan atau manfaat daun sirsak terutama untuk kesehatan tubuh kita. Daun sirsak saat ini sangat populer, terutama semenjak penelitian yang menyebutkan bahwa daun sirsak memiliki bahan aktif 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi dan dapat melawan penyakit super berbahaya seperti tumor dan kanker.

Sebelum membahas lebih lanjut sejuta khasiat daun sirsak, tidak ada salahnya melihat asal muasal daun sirsak masuk ke Indonesia.

Sejarah Dibalik Khasiat Daun Sirsak


Tanaman Sirsak berasal dari wilayah Amerika Tropis, meliputi : Amerika Tengah, dan Amerika Selatan, yaitu sekitar Peru, Argentina, Hutan Amazon, dan Kepulauan Karibia. Di wilayah asalnya Sirsak merupakan buah penting dan bergengsi. Buah Sirsak adalah salah satu buah yang pertama kali dikenalkan ke dunia setelah Colombus menemukan Amerika.

Sirsak telah dimanfaatkan sebagai obat-obatan sejak berabad-abad lamanya, berikut adalah penggunaan Sirsak di berbagai negara:
  • Bangsa Indian di Amerika Selatan, memanfaatkan Sirsak sebagai obat tradisional penyakit jantung, asma, hati dan reumatik.
  • Bangsa Peru Andes menggunakan Teh Daun Sirsak sebagai obat flu, infeksi saluran napas atas, diabetes, sebagai obat penenang dan obat kejang, sertauntuk membunuh parasit.
  • Penduduk asli Guyana menggunakan Teh Daun Sirsak sebagai obat penenang dan tonik jantung.
  • Penduduk Amazon Brazil menggunakan Teh Daun Sirsak untuk mengobati gangguan hati. Sementara minyak dari Daun Sirsak dicampur dengan minyak Zaitun untuk digunakan sebagai obat luar untuk penyakit reumatik dan nyeri arthritis.
  • Penduduk Meksiko menggunakan Daun Sirsak sebagai pengobatan diare, disentri, demam, sesak nafas dan meringankan pendarahan.
  • Di Curacao, Daun Sirsak secara tradisional digunakan untuk penyakit kandung empedu, membantu persalinan dan sebagai obat penenang.
  • Di Trinidad, Daun Sirsak digunakan sebagai pembersih darah, flu, hipertensi, jantung berdebar dan insomnia.
  • Di Indonesia, Daun Sirsak digunakan sebagai obat bisul, mual, diare, hepatitis, batuk, reumatik dan hipertensi. Sirsak dalam bahasa Jawa disebut Sirsat, yang memiliki makna : Sir artinya rasa (bisa berarti rasa sakit). Sat, berarti asat, habis, hilang atau sembuh. Jadi Sirsat menurut nenek moyang orang Jawa memang sudah diketahui manfaatnya sebagai obat penghilang berbagai penyakit.

Benih atau bibit sirsak masuk ke Indonesia pertama kali di bawa orang-orang Belanda, meskipun tanaman ini aslinya bukan berasal dari Eropa tapi dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sirsak mempunyai nama latin Annona muricata L, termasuk jenis tanaman yang memiliki akar kuat, mampu menghasilkan buah yang menyehatkan.

Keistimewaan yang dimiliki tanaman ini terletak pada daunnya yang luar biasa. Seperti telah diketahui daun sirsak sangat luar biasa yakni mampu menghambat pertumbuhan bakteri, membantu menghambat mutasi gen, membantu menghambat perkembangan virus, membantu menghambat perkembangan parasit, membantu menghambat pertumbuhan tumor, membantu merileksasi otot, sebagai anti kejang, membantu meredakan nyeri, mampu menekan peradangan, menurunkan kadar gula darah, menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan saraf, membantu menyehatkan jantung, membantu meningkatkan produksi asi pada itu hamil, membantu melebarkan pembuluh darah, membunuh cacing parasit, mengurangi stres, menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pada masyarakat kuno daun sirsak sudah diketahui manfaat dan khasiatnya banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Sekitar tahun 1965, berbagai studi para ilmuwan membuktikan ekstrak daun sirsak memiliki khasiat yang lebih baik dari kemoterapi, bahkan ekstrak tersebut bisa memperlambat pertumbuhan kanker. Pada tahun 1976, National Cancer Institute telah melakukan penelitian ilmiah dan hasilnya menyatakan batang dan daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Ini karena kandungannya yang sangat tinggi senyawa proaktif bagi tubuh, ini jarang ditemukan pada buah lainnya.

Hasil penelitian ini ternyata sudah disimpan selama bertahun-tahun sejak zaman dahulu, tapi banyak orang yang tidak mengetahuinya, entah karena faktor apa. Bahkan berdasarkan 20 tes laboratorium tentang khasiat daun sirsak yang dilakukan sejak tahun 1970 menunjukkan hasil yang luar biasa, daun sirsak memiliki khasiat yang sangat baik, seperti:
  • Menyerang sel-sel kanker secara efektif karena tidak membahayakan sel yang sehat, serta tidak menyebabkan rasa mual ekstrim, kehilangan berat badan dan rambut rontok.
  • Daun sirsak memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas.
  • Mampu meningkatkan energi di dalam tubuh.
  • Menambah stamina dan fitness.
  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan.
  • Mampu mencegah radikal bebas, dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Negeri Ginseng Korea juga tak kalah dalam masalah penelitian, setelah melakukan penelitian mereka menemukan bahwa ada satu senyawa kimia yang berperan selektif membunuh sel kanker usus besar serta 10.000 kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi yang ditemukan dalam sirsak. Uniknya dibalik khasiatnya itu ternyata senyawa ini selektif memilih sel target kanker sehingga tidak merusak sel-sel yang sehat.

Khasiat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Sejuta Khasiat Daun Sirsak, yang harus kita Tahu dan bisa kita terapkan dalam kehidupan kita. Tercatat tidak kurang dari 7 manfaat yang sudah teruji dari daun sirsak untuk kesehatan, berikut di antaranya.

1. Khasiat Daun Sirsak untuk Penyakit Diabetes

Batas kadar gula normal dalam darah kita berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini mampu menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, Manfaat Daun sirsak untuk penderita diabetes mellitus menjadi salah satu solusi obat diabetes alami.

Cara membuat ramuan obat diabetes dari daun sirsak:
  1. Ambil 2-5 helai daun sirsak
  2. Bersihkan dengan air bersih mengalir (untuk menghilangkan kuman dan bakteri)
  3. Rebus daun sirsak dalam air hangat 3 gelas
  4. Biarkan kering hingga tinggal 1 gelas.
  5. Minum secara rutin pagi hari dan malam hari untuk penderita diabetes.
  6. Lakukan secara rutin 3-4 hari, lalu cek kadar gula darah Anda.
Baca : Obat Alami Penyakit Diabetes Melitus Paling Ampuh

2. Manfaat dan khasiat Daun Sirsak untuk Penyakit Kanker

Ini adalah salah satu sebab mengapa manfaat daun sirsak sangat fenomenal di dunia termasuk di Indonesia yang kaya tumbuhan herbal. Bagaimana cara kerjanya agar dapat membasmi dan fight terhadap kanker ?

Daun Sirsak mengandung banyak sekali manfaat yang bisa digunakan untuk pengobatan herbal, serta menjaga kondisi tubuh. Daun Sirsak mengandung suatu kumpulan senyawa fitokimia yang bersifat sitotoksik yang bernama Acetogenins. Acetogenins merupakan kumpulan senyawa yang telah diteliti memiliki 350 turunan senyawa seperti: bulatacin, asimisin dan squamosin. Acetogenins bekerja dengan menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker, dengan cara menghambat ATP (sumber energi bagi sel kanker), sehingga sel kanker kekurangan energi untuk berkembang dan kemudian mati dengan sendirinya (apoptosis).
Penelitian:
  1. Menurut sejumlah penelitian di Korea, Acetogenin yang terdapat di dalam Daun Sirsak mampu menumpas sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan Adriamycin (obat yang digunakan di dalam pengobatan kemoterapi)
  2. Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh The National Cancer Institute telah membuktikan bahwa Daun Sirsak secara efektif dapat menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Selain itu, ‘mereka’ juga digunakan dalam pengobatan beberapa penyakit lain.
  3. Semenjak tahun 1970, berdasarkan dari 20 penelitian laboratorium tentang manfaat Daun Sirsak, menunjukan hasil yang luar biasa, yaitu :
  4. Daun Sirsak menyerang sel-sel kanker secara efektif karena tidak membahayakan sel yang sehat, serta pasien kanker tidak mengalami mual ekstrim, kehilangan berat badan dan rambut rontok.
  5. Daun Sirsak memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker pankreas.
  6. Ekstrak Daun Sirsak dapat meningkatkan energi di dalam tubuh.
  7. Dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan.

Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa daun sirsak memiliki bahan aktif yang 10,000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Khasiat daun Sirsak dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi yang menghasilkan beberapa efek samping selain biaya yang sangat mahal. Dengan demikian, daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan kanker payudara.

Cara Membuat Air Rebusan Daun Sirsak Obat Kanker

Untuk pengobatan penyakit kanker, ambil 10 lembar daun sirsak, dan rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi satu gelas, saring dan dinginkan. Minum air rebusan daun sirsak ini setiap pagi selama 3-4 minggu untuk melihat efek perbaikan kondisi Anda. Hingga saat ini Daun Sirsak di percaya obat paling ampuh untuk menyembuhkan penyakit Kanker.

Baca : Obat Alami Kanker Payudara Ampuh Tanpa Operasi

3. Manfaat Daun Sirsak untuk Penyakit Asam Urat

Daun Sirsak memiliki sifat sitotoksik yakni sebuah proses pembuangan limbah dan racun (toksin) dari dalam tubuh kita, baik yang dihasilkan secara alami oleh tubuh kita, maupun yang masuk melalui makanan. Dimana kekuatan sitotoksik memiliki kekuatan 20 kali lebih kuat dari proses detoksifikasi. Dengan kemampuan sitotoksik ini akan menyaring dan mengeluarkan kristal-kristal asam urat yang mengendap pada persendian dan membuang kelebihan zat asam urat yang tidak terpakai oleh tubuh.

Untuk mengobati asam urat yang Anda derita coba konsumsi minuman dari daun sirsak. Manfaat Daun sirsak untuk obat asam urat telah sering kita dengar, karena khasiat dan manfaat dari daun sirsak itu.

Cara Membuat Ramuan Obat Asam Urat dari Daun Sirsak

Untuk memanfaatkan daun sirsak sebagai obat asam urat, caranya adalah rebus 6 sampai 10 daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau, dan dicuci sampai bersih. Rebus daun sirsak dalam 2 gelas air dan didihkan biarkan sampai satu gelas saja. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari untuk mencapai manfaat maksimal.
Baca : Obat Alami Asam Urat Paling Ampuh

4. Manfaat Daun Sirsak untuk Sakit Punggung

Sakit punggung sering kita alami terutama setelah bekerja berat dan bertambahnya usia. Menggunakan obat-obatan kimia untuk sakit punggung dapat menyebabkan efek samping. Daun sirsak merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung tanpa efek negatif.

Cara Penggunaan:

Anda bisa merebus 20 lembar daun sirsak dengan 5 gelas air, didihkan sampai tinggal 3 gelas air yang tersisa. Minum ¾ cangkir ramuan ini sekali dalam sehari untuk membantu mengatasi masalah sakit punggung Anda.
Kandungan nutrisi daun sirsak diyakini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh kita.

5. Manfaat Daun Sirsak Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Rebus daun sirsak 4-5 lembar dengan 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

6. Manfaat Daun Sirsak untuk Mengobati Rematik

Penyakit rematik biasanya dialami pada orang tua, menyebabkan rasa sakit yang hebat. Daun sirsak adalah pengobatan herbal alami untuk nyeri artritis.
Penggunaan
Untuk tujuan masalah eksim dan rematik ini penggunaannya sedikit berbeda, haluskan daun sirsak dan oleskan pada daerah tubuh yang terkena nyeri akibat arthritis dan eksim serta rematik secara teratur dua kali sehari. Diamkan beberapa menit sampai daun sudah agak kering.

7. Daun Sirsak Untuk Mengatasi Insomnia

Mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Dr Christopher Winter Seorang Specialys Neurology and Medical Director dari Charlottesville Neurology & Sleep Medicine menjelaskan bahwa, semenjak dulu di wilayah Hindia Barat, Daun Sirsak umumnya digunakan sebagai obat penenang. Di Antilles Belanda, Daun Sirsak diseduh untuk membuat minuman yang dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak, hal ini karena kandungan senyawa annonacin di dalam Daun Sirsak.

8. Manfaat Daun Sirsak untuk Mengobati Bisul

Daun sirsak ternyata juga dapat membantu mengobati bisul.

Penggunaan :

Cara penggunaannya cukup mudah, ambil beberapa daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai, haluskan, dan tempelkan di tempat yang terkena bisul sampai bisul tersebut mengering.

9. Manfaat Daun Sirsak untuk Penyakit Eksim

Eksim atau eczema merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk kelainan kulit (salah satu penyakit kulit). Eksim ini hampir mencakup seluruh kelainan kulit contohnya adalah kelainan kulit basah atau kelainan kulit yang terlalu kering.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, daun sirsak bisa mengobati eksim dengan cara alami. Anda dapat menggunakan daun sirsak sebagai masker (dengan menghaluskannya terlebih dahulu) dan mengoleskannya pada daerah yang terkena dua kali sehari secara teratur. Hal ini akan membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim selain untuk menyembuhkannya tentunya.

10. Manfaat Daun Sirsak untuk Mencegah Komedo

Daun sirsak yang telah dihaluskan jika dioleskan pada kulit dapat sangat berguna dalam mencegah terjadinya komedo dan masalah kulit lainnya juga.

11. Manfaat Daun Sirsak untuk Menghilangkan Ketombe

Daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit yang tumbuh dikulit kepala yang dapat menyebabkan gangguan pada rambut seperti kutu dan ketombe. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup merebus daun sirsak 10-20 menit lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk keramas dapat membantu menghilangkan parasit termasuk kutu dan ketombe yang disebabkan oleh parasit tersebut.

12. Khasiat Kandungan Daun Sirsak Sebagai Obat


Khasiat daun sirsak juga banyak digunakan sebagai obat, zat yang terdapat pada intisari daun sirsak sangat efektif dalam memerangi dan menjadi bahan obat. Berikut adalah daftar khasiat yang diberikan sirsak dalam efeknya sebagai obat.
  1. Antibakteri : Untuk Menghambat pertumbuhan bakteri
  2. Antivirus: Untuk menghambat perkembangan virus
  3. Antikanker: Untuk Menghambat perkembangan kanker
  4. Antitumor: Untuk Menghambat pertumbuhan tumor
  5. Antiparasit: Untuk Menghambat perkembangan parasit
  6. Antimalaria: Mencegah malaria
  7. Antileishmania: Antileishmania
  8. Antispasmodic: Zat yang dapat merelaksasikan otot polos
  9. Antikonfulsan: antikonvulsan
  10. Astrigen: Zat yang kerut / menciutkan selaput lendir
  11. Antimutagenik: Zat yang menghambat mutasi gen
  12. Analgesik: Zat yang dapat mengurangi rasa sakit / nyeri
  13. Anti-inflamasi: Zat yang menekan peradangan
  14. Obat penurun panas: Zat yang dapat menurunkan panas demam badan
  15. Hipotensi: Zat yang menurunkan tekanan darah
  16. Hipoglikemik: Zat yang menurunkan kadar gula darah
  17. Nervin: Untuk memperkuat saraf / saraf tonik
  18. Kardiodepresan: Menekan aktivitas jantung
  19. Galactogogue: Zat yang dapat meningkatkan produksi ASI
  20. Obat penenang: Zat yang menenangkan
  21. Stomakik: Zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan
  22. Vasodilator: Zat yang melebarkan pembuluh darah
  23. Vermifuge: Zat yang dapat membunuh cacing usus
  24. Diuretik: The emetik dari aurine
  25. Penenang: Zat yang menenangkan

Fakta Menarik Mengenai Manfaat khasiat Daun Sirsak bisa kita katakan sebagai tumbuhan super, mengapa? hal ini dikarenakan telah banyak penelitian yang dilakukan dan menemukan bahwa hampir seluruh bagian dari sirsak mulai dari kulit, daun, akar, dan tentu saja buahnya dapat dijadikan sebagai herbal tradisional yang ampuh untuk tubuh manusia, kesehatan, atau pun bagian luar.

Khasiat daun sirsak untuk kesehatan sangat banyak sekali dan manfaat yang paling fenomenal adalah untuk mengobati tumor dan kanker ganas. Bagi Anda yang membutuhkan produk dari bahan utama daun sirsak, kini sudah tersedia K-Muricata 

K-Muricata adalah teh herbal yang diramu secara khusus dengan perpaduan antara Keladi Tikus dengan Daun Sirsak ( Annona Muricata L ). Yang terbukti secara ilmiah memiliki senyawa fitokimia yang sering disebut dengan Acetogenins terbukti mampu membunuh sel sel kanker tanpa merusak sel sel sehat pada tubuh yang lainnya.


This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Obat Alami