banner

author photo
Cara menurunkan kolesterol secara alami
Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Sebagian orang mendengar kata Kolesterol dibenaknya akan langsung terlintas sesuatu yang membahayakan tubuhnya. Tetapi anggapan tersebut merupakan hal yang keliru, karena tubuh tetap membutuhkan kolesterol. Kolesterol dibagi menjadi 2 yaitu kolesterol baik dan kolesterol tidak baik bagi tubuh. Tentu saja tubuh kita membutuhkan kolesterol yang baik, sementara kolesterol yang tidak baik inilah yang sering kali kita dengar dengan kolesterol jahat. Semakin banyak kolesterol jahat bersarang dalam tubuh kita, maka kadar kolesterol akan melebihi ambang batas dan ini yang bisa menjadi pemicu berbagai penyakit. Jenis penyakit seperti stroke, hipertensi, dan jantung merupakan akibat penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh yang melebihi batas normal.

Apa yang menjadi penyebab kolesterol dalam darah meningkat? Gaya hidup dan pola makan yang salah akan menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Makanan yang mengandung lemak jahat merupakan faktor penyebab terbesar tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Ketatnya kesibukan kita sehari terkadang kita mengenyampingkan sarapan atau makan, makanan yang sehat. Makanan cepat saji menjadi pilihan kebanyakan orang karena dinilai praktis dan cepat, akan tetapi dibalik itu semua kita tidak menyadari kalau kita sudah mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak jenuh secara berlebihan akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan hal itu tentu saja berbagai penyakit sudah mulai mengintip kita.

Baca juga : Daftar Makanan Berkolesterol tinggi

Contoh beberapa risiko penyakit yang di pengaruhi faktor kolesterol tinggi berikut :

  1. Merokok.
    Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah, membuat mereka cenderung menumpuk deposito lemak. Merokok juga dapat menurunkan tingkat HDL, atau kolesterol baik.
  2. Obesitas.
    Memiliki indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih besar menempatkan Anda pada risiko kolesterol tinggi.
  3. Lingkar pinggang besar.
    Risiko Anda meningkat jika Anda seorang pria dengan lingkar pinggang minimal 40 inci (102 cm) atau wanita dengan lingkar pinggang minimal 35 inci (89 cm).
  4. Pola makan yang buruk.
    Makanan yang tinggi kolesterol, seperti daging merah dan susu full-fat produk, akan meningkatkan kolesterol total Anda. Makan lemak jenuh, yang ditemukan dalam produk hewani, dan lemak trans, yang ditemukan di beberapa cookie panggang komersial dan kerupuk, juga dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.
  5. Kurang olahraga.
    Latihan membantu meningkatkan HDL kolesterol “baik” tubuh Anda sambil menurunkan LDL Anda kolesterol “buruk”. Kurang olahraga menempatkan Anda pada risiko kolesterol tinggi.
  6. Kencing Manis.
    Gula darah tinggi memberikan kontribusi untuk kolesterol LDL tinggi dan HDL kolesterol yang lebih rendah. Gula darah tinggi juga merusak lapisan arteri Anda.

Cara menurunkan kolesterol makanan alami

Selain menjalankan pola hidup sehat, kolesterol juga harus dikendalikan makanan penurun kolesterol. Ada beberapa makanan yang bila dikonsumsi rutin menjadi solusi cara cepat menurunkan kolesterol. Makanan apa saja yang bisa menjadi penurun kolesterol itu.
  1. Buah Tomat
    Cara menurunkan kolesterol secara alami yang pertama dengan mengonsumsi buah tomat. Likopen yang terkandung dalam tomat berkhasiat untuk mencegah stroke dan serangan jantung. Tomat bisa dibuat dalam bentuk jus atau campuran makanan. Dengan mengkonsumsi tomat 50 gram secara rutin, kandungan lilopen dalam tomat akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

    Baca :  Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi likopen dengan dosis lebh dari 25 mg setiap hari akan menurunkan kadar kolesterol LDL dan kolesterol total.
    Buah lainnya yang ada kandungan Likopennya adalah buah semangka, jambu dan pepaya.
  2. Buah Acai Berry
    Sterol adalah komponen alami yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol oleh usus dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Di antara berbagai buah dan sayuran, buah acai berry adalah yang memiliki kandungan sterol paling tinggi. Dalam setiap 100 gram acai berry terkandung 48 mg sterol utama yaitu beta-sitosterol. Dari 41 studi meta analisis menunjukkan bahwa dampak sterol pada kadar kolesterol dalam darah, adalah mampu mengurangi kolesterol jahat secara keseluruhan.

    Baca juga : 17 manfaat buah acai berry untuk kesehatan

    Antosianin adalah senyawa yang banyak terkandung dalam buah Acai Berry. Sebuah penelitian pada tikus yang terbagi dalam empat kelompok: (kelompok 1) diet standar, (kelompok 2) diet standar ditambah Acai Berry, (kelompk 3) diet tinggi kolesterol, dan (kelompok 4) diet tinggi kolesterol di tambah acai berry. Pada hasil penelitian, kelompok tikus yang diberi diet tinggi kolesterol dan ditambah acai menunjukkan penurunan secara drastis dalam kolesterol total dan kolesterol jahat (low-density lipoprotein) serta adanya peningkatan HDL atau kolesterol baik. Serta peningkatan jumlah kolesterol yang dikeluarkan melalui feses bila dibandingkan dengan kelompok lainnya. Dengan begitu penelitian ini semakin menguatkan kemampuan antosianin dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan kolesterol total.

  3. Buah Delima
    Manfaat buah delima untuk menurunkan kolesterol dalam darah karena kandungan polifenol yang ada dalamnya. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi jus buah delima secara rutin mampu menhilangkan penumpukan kolesterol dalam arteri seseorang yang menjadi penyebab penyakit jantung.

    Baca juga : Manfaat buah delima bagi kesehatan

    Punicalagin
    adalah komponen utama yang terkandung dalam buah delima merah (red pomegranate) yang akan membersihkan penumpukan kolesterol dalam arteri pada tubuh seseorang yang menjadi penyebab risiko tinggi terhadap penyakit jantung. Punicalagin terbukti bermanfaat terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah. Senyawa punicalagin dalam buah delima tidak hanya dapat menurunkan kolesterol, tetapi juga berfungsi menurunkan tekanan darah dan membersihkan sumbatan pada jantung (aterosklerosis).
  4. Minyak Zaitun
    Minyak zaitun merupakan nutrisi kaya antioksidan dan lemak tak jenuh bermanfaat membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan HDL meningkatkan kolesterol baik. Mencampurkan olive oil sekitar 2 sendok makan (23 gram) dalam makanan baik sebagai saus roti atau campuran masakan akan mendapatkan manfaat dari minyak zaitun. Minyak zaitun mempunyai tinggi kalori, jadi sebaiknya jangan mengonsumsi secara berlebihan.

    Hydroxytyrosol merupakan senyawa polifenol yang terdapat dalam buah zaitun. Hydroxytyrosol terbukti mampu menurunkan serum kolesterol secara total, trigliserida dan LDL (kolesterol jahat) secara signifikan dan akan meningkatkan serum HDL (kolesterol baik). Hydroxytyrosol akan sangat cepat diserap dalam aliran darah dan jaringan, yang selanjutnya akan membersihkan radikal bebas dan menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain memelihara kesehatan kardiovaskular, hydroxytyrosol juga mempunyai peran melindungi sistem syaraf.
  5. Buah Blueberry
    Kandungan senyawa pterostilbene dalam Blueberry merupakan antioksidan kuat yang dapat bermanfaat membantu menurunkan kada kolesterol LDL. Sebuah peneletian enelitian terbaru terhadap blueberry mengungkapkan bahwa buah super ini mampu mengecilkan gen dalam saluran pencernaan yang berpengaruh membersihkan kolesterol dalam tubuh. Blueberry juga dapat mengurangi jumlah produksi HMG-CoA reductase (enzim utama pembuat kolesterol dalam tubuh), yang menjadi target dari obat penurun kolesterol statin penurun.

  6. Perbanyak konsumsi sayuran
    Cara menurunkan kolesterol secara alami lainnya adalah mengonsumsi sayuran. Kandungan serat dan antioksidan tinggi yang ada dalam sayuran akan memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dan sangat baik bagi kesehatan. Betakaroten, Vitamin A, Vitamin C dan juga E merupakan antioksidan yang terkandung dalam sayuran. Antioksidan inilah yang akan menangkal radikal bebas penyebab timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh.
  7. Olahraga tecara teratur
    Cara menurunkan kadar kolesterol secara efektif dan murah adalah melakukan olah raga. Dengan berolahraga kadar lemak atau kalori akan terbakar sehingga berat badan bisa berkurang. Lakukan olahraga ringan secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu.
  8. Hindari makanan berkolesterol tinggi
    Menghindari makanan berkolesterol tinggi, merupakan hal yang wajib dilakukan agar kolesterol dalam darah menurun. Beberapa makanan yang diyakini mempunyai kandungan kolesterol tinggi, adalah gorengan, cumi, daging jeroan, telur puyuh, kerang, kepiting, mentega dan lainnya, termasuk fast food dan junk food.

Sumber : http://obatherbal-murah.com/cara-menurunkan-kolesterol-secara-alami/

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Obat Alami