banner

author photo
Penyebab dan Gejala Wasir Serta Cara Mengobatinya

Penyebab dan Gejala Wasir Serta Cara Mengobatinya. Gaya hidup kurang gerak dan pola makan kurang serat dapat meningkatkan risiko terjadinya wasir. Terlambat menangani keluhan wasir juga bisa memperparah kondisi wasir.

Wasir atau ambeien merupakan pembesaran sekelompok pembuluh darah balik (vena) yang berada di anus, persis di bawah selaput yang membatasi bagian rektum dan anus. Dalam istilah medis, wasir dikenal dengan nama hemoroid yang sebenarnya adalah sekelompok pembuluh darah vena tersebut.

Meskipun bukan penyakit yang dapat mengakibatkan kematian namun wasir yang sudah parah dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Maka sebelum terjadi wasir yang parah, kita harus cermat mengenali tanda dan gejala wasir agar segera mendapat penanganan.

Jenis Wasir

Secara umum ada dua jenis wasir, yaitu internal hemorrhoid dan external hemorrhoid.
  1. Internal Hemorrhoid
    Internal hemorrhoid adalah wasir yang terjadi di dalam rektum, sehingga sulit dilihat atau diraba. Biasanya wasir jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit saraf di daerah rektum. Namun, wasir eksternal biasanya ditandai dengan keluarnya darah saat buang air besar.
    Internal Hemorrhoid biasanya terjadi dalam beberapa stadium yaitu:
    • Stadium 1:
      tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya, darah menetes setiap habis buang air besar.
    • Stadium 2:
      tonjolan sudah keluar tapi belum begitu besar. Gejalanya, setelah buang air besar, tonjolan keluar, tapi akan masuk kembali saat penderita dalam posisi berdiri.
    • Stadium 3:
      tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya, usai buang air tonjolan keluar dan tidak masuk lagi. Jadi harus ditekan dan didorong menggunakan tangan.
    • Stadium 4:
      tonjolan bisa sebesar bola tenis. Tonjolan tidak bisa didorong masuk, dan harus dioperasi.
  2. External Hemorrhoid
    External hemorrhoid adalah wasir yang posisinya di luar anus. Karena posisinya di luar anus, wasir jenis ini lebih mudah dilihat dan diraba. Gejalanya berupa rasa sakit atau nyeri akibat pembuluh darah yang pecah. Setelah pecah, darah tidak keluar tapi menggumpal dan menjadi bekuan darah (trombosis). Benjoloan wasir ini biasanya berwarna merah-kebiruan.

Tanda dan gejala wasir atau ambeien

Tanda-tanda atau gejala wasir umumnya tidak dapat dideteksi dini karena masih belum menimbulkan gejala. Namun tidak ada salahnya memperhatikan tanda-tanda berikut guna mendapatkan perawatan lebih baik dan lebih dini.
  1. Rasa panas di anus
    Rasa panas terjadi biasanya saat duduk terlalu lama atau sehabis buang air besar (BAB). Rasa panas terdapat di anus akibat penekanan pada vena yang sudah mulai membesar.
  2. Ada darah
    Adanya darah segar di kertas toilet, di dalam toilet atau pada tinja sehabis BAB. Pembesaran pembuluh darah bisa diakibatkan oleh aktivitas mengejan saat BAB. Lantaran pembuluh vena itu tipis dan mudah pecah, maka bisa saja terjadi pendarahan saat BAB.
  3. Ada tonjolan
    Pembesaran pembuluh darah dapat berbentuk tonjolan yang keluar dari anus. Biasanya jika sudah mulai ada tonjolan artinya wasir sudah memasuki tahap selanjutnya. Apabila tonjolan masih dapat dimasukan secara spontan ke dalam anus, maka artinya wasir belum terlalu parah namun sudah harus mendapatkan penanganan.
  4. Rasa sakit
    Rasa sakit terjadi di anus terutama sehabis BAB. Sakit bisa jadi diakibatkan dari pembuluh darah yang pecah, teruatama karena ada penekanan dari feses.
  5. Rasa gatal di anus
    Rasa gatal dipicu oleh infeksi dari luka pada pembuluh darah yang pecah. Lantaran anus merupakan tempat bermuaranya feses, maka kemungkinan infeksinya juga tinggi.

Penyebab Wasir atau ambeien

Sejumlah faktor penyebab wasir atau ambeien adalah termasuk kebiasaan buang air besar tidak teratur (konstipasi atau diare), olahraga, nutrisi (diet rendah serat), peningkatan tekanan intra-abdomen (berkepanjangan tegang), genetika, tidak adanya katup dalam vena hemoroid, dan penuaan.
Faktor lain yang dapat menyebabkan wasir diantaranya adalah :
  1. Terlalu lama duduk (duduk seharian)
  2. Menderita diare yang lama (diare yang tidak kunjung sembuh)
  3. Adanya perubahan hormon esterogen yang meningkat pada wanita hamil
  4. Karena faktor keturunan dari penderita wasir
  5. Melakukan hubungan sex yang tidak lazim / anal sex
  6. Sering mengalami sembelit/konstipasi saat BAB kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejan / mengeden saat BA
  7. Terjadinya penekanan kembali aliran darah vena
  8. Pola makan yang sembarangan (merokok, sering makan makanan yang pedas dan bersantan, sering minum alkohol dan soda) dan gaya hidup yang tidak teratur
  9. Kurang berolahraga
  10. Sering mengangkat beban yang berat-berat
  11. Wanita yang hamil, dalam keadaan hamil tekanan rongga perut meningkat karena ada janin dalam kandungan. Kondisi yang sama juga dapat dialami oleh wanita setelah melahirkan karena mengejan.

Cara Mencegah Wasir atau Ambeien

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda tidak terkena wasir, di antaranya:
  1. Tingkatkan Asupan Serat
    Makanan kaya serat seperti sayuran danbuah buahan baik untuk menjaga asupan serat tubuh.Kandungan serat pada sayuran dan buah-buahan baik untuk mencegah sembelit sebagai penyebab wasir yang paling dominan. Sembelit mengakibatkan iritasi dan peradangan pada dinding lubang anus karena feses ( kotoran/tinja ) keluar dengan keras.
  2. Aktif Bergerak
    Rajin berolahraga adalah cara yang tepat untuk menurunkan risiko terkena wasir. Tidak perlu olahraga terlalu berat, cukup dengan jalan kaki 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko wasir hingga 40 persen.
  3. Jangan Duduk Terlalu Lama
    Duduk terlalu lama dapat memicu wasir. So, jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk duduk sepanjang hari, maka cobalah beranjak dari tempat duduk Anda setiap 1 jam untuk melakukan peregangan singkat.
  4. Jangan Terlalu “Asik” di Toilet
    Hindari untuk berlama lama di toilet. Membawa smartphone ke toilet memang membuat anda betah berlama-lama di dalam toilet. Seperti main games. Atau aktivias lain seperti membaca koran. Oleh karena itu keasikan di toilet jadi lebih mudah di cegah sedari awal anda masuk toilet.

Cara Mengobati Ambeien Tanpa Operasi

Bagaimana cara mengobati wasir atau ambeien itu sendiri?. pengobatan yang terbaik untuk Ambeien adalah dari luar dan dari dalam sehingga wasir atau Ambeien benar-benar tuntas dan tidak akan kambuh lagi. obat herbal wasir atau ambeien terbaik adalah K-Muricata.
Obat alami Ambeien dengan K-Muricata
Obat alami Ambeien dengan K-Muricata yaitu minuman kesehatan alami yang memanfaatkan khasiat daun sirsak serta khasiat keladi tikus sebagai bahan utamanya. Perpaduan dari umbi keladi tikus dan daun sirsak, dipercaya mampu mengobati penyakit wasir atau ambeien. Keampuhan kandungan dua bahan alami dalam obat ambeien herbal ini menjadikan K-Muricata unggul dibanding produk lain. Sudah bukan rumor lagi bahwa kebiasaan mengkonsumsi obat kimia bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati.

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk membantu mengobati penyakit dan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain dikenal sebagai obat yang mujarab sebagai antikanker dan antitumor, daun sirsak ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit wasir atau ambeien.
Antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak ini sangat ampuh sebagai obat tradisional wasir untuk mengobati infeksi yang mungkin timbul karena peradangan pada bagian dubur yang mengalami benjolan atau pendarahan pada saat buang air besar.

Mengatasi wasir tanpa operasi dengan manfaat daun sirsak obat tradisional wasir akan bisa dirasakan ketika mengonsumsi obat herbal K-Muricata obat ambeien wasir tersebut secara rutin.

Baca : Obat Alami Ambeien atau Wasir Tanpa Operasi

Pantangan Makanan Penderita Wasir Atau Ambeien

Selain dengan memanfaatkan khasiat daun sirsak yang terkandung dalam K-Muricata, Anda juga perlu menjaga pola hidup Anda. Pola makan yang sehat merupakan cara bijaksana dalam membantu mengobati dan mencegah wasir menjadi semakin parah .

Pantangan makanan bagi penderita Wasir/Ambeien

Buah Durian, Buah Salak, Makanan yang bersantan, Cabai, Minuman beralkohol dan bersoda, makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, makanan olahan, makanan yang berlemak, dan makanan serta minuman yang terlalu panas.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam membantu mempercepat penyembuhan wasir adalah :
  1. Memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat
  2. Konsumsi makanan yang lebih banyak serat untuk melancarkan sistem pencernaan
  3. Perbanyak minum air putih agar feses tidak terlalu keras
  4. Olahraga secara teratur agar pembuluh darah semakin kuat
  5. Kurangi rokok, minuman beralkohol, serta obat-obatan terlarang
  6. Jangan melakukan anal seks
  7. Jangan menunda buang ari besar

Semoga informasi Penyebab dan Gejala Wasir Serta Cara Mengobatinya ini berguna dan bisa membantu Anda yang sedang membutuhkan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Obat Alami