banner

author photo
Gejala dan Penyebab Kelenjar Getah Bening
Gejala dan Penyebab Kelenjar Getah Bening. Apa Itu Limfotik (Kelenjar Getah Bening)? Kelenjar Gerah Bening merupakan organ yang terpenting dalam anggota tubuh kita. Tanpa kelenjar getah bening maka tubuh kita tidak akan bekerja dengan sempurna serta keseimbangan tubuh kita akan terganggu sehingga akan menyebabkan masalah lain.

Kelenjar getah bening atau limfoma ini adalah kanker yang tumbuh akibat adanya mutasi atau pembelahan sel limfosit (bagian dari sel darah putih) yang sebelumnya normal menjadi abnormal. Limfosit ganas dapat tumbuh sebagai organ dalam tubuh antara lain limpa, sumsum tulang belakang, kelenjar getah bening, darah atau pun organ lain yang berkaitan. Limfoma merupakan organ tubuh yang berbentuk seperti bola kecil dari sistem kekebalan tubuh. Limfoma ditemukan di semua anggota tubuh tidak terkecuali dan bertindak sebagai penyaring (filter) bagi partikel asing sehingga fungsinya sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh. Kadang kala Kelenjar getah bening bengkak, hal itu menandakan bahwa adanya infeksi yang menjadi pemicu utama timbulnya kanker. Kelenjar getah bening atau limfoma biasanya terjadi di ketiak, selangkangan, atau pun di leher.

Ada dua jenis sistem limfotik (kelenjar getah bening) yaitu penyakit limfona non-hodgkin (NHL) dan penyakit hodgkin. Kanker kelenjar getah bening atau limfoma adalah sekelompok penyakit yang ganas yang berkaitan dengan sisem limfatik. Sistem limfatik ini merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang membentuk pertahanan alamiah tubuh untuk melawan kanker dan infeksi. Cairan limfatik yang terdapat dalam Kelenjar getah bening merupakan cairan putih menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang secara keseluruhan mengalir ke seluruh tubuh melewati pembuluh limfatik. Ada dua macam sel limfosit yang perlu Anda ketahui, yaitu Sel B. Sel B berfungsi untuk membantu melindungi tubuh melawan bakteri dengan membuat antibodi yang memusnahkan bakteri di dalam tubuh. Gejala dari penyakit kelenjar getah bening ini meliputi pembengkakan kelenjar getah bening pada pangkal paha, ketiak, atau pun leher pada tubuh Anda.

Pembengkakan kelenjar tadi dapat dimulai dengan gejala penurunan berat badan secara drastis tanpa diketahui, batuk sesak nafas, rasa lelah yang terus menerus, gatal-gatal di seluruh tubuh, demam tinggi dan berkeringat di malam hari. Kelenjar getah bening dapat kita ketahui dengan cara merasakan menggunakan sentuhan jari tangan. Melakukan pijatan dengan sedikit tekanan pada daerah rahang leher atas, akan terasa seperti biji kacang yang bergerak seperti testis pada pria. Biasanya dalam kondisi normal kelenjar getah bening tidak akan berubah-ubah. Namun, lain halnya apabila kondisi tubuh Anda sedang tidak sehat maka kelenjar getah bening akan membesar dan itu menandakan bahwa kondisi tubuh yang sedang diserang beberapa virus penyebab kelenjar getah bening.

Gejala Kelenjar Getah Bening

Kita dapat menentukan kondisi penyakit itu baik atau tidak dengan cara mengetahui beberapa gejala yang kita kenal. Maka ketika kita mengetahui tanda dan gejala suatu penyakit akan mempermudah untuk pengobatan. Ini dia tanda-tanda atau gejala kanker kelenjar getah bening, yaitu sebagai berikut:
  1. Tidak terasa nyeri
  2. Timbulnya benjolan yang kenyal
  3. Mudah digerakkan
  4. Demam yang panjang dengan suhu lebih dari 38 derajat Celcius
  5. Tidak ada tanda-tanda radang sedikitpun
  6. Kehilangan berat badan lebih dari 10% dalam kurang lebih 6 bulan
Ciri-ciri seseorang yang terjangkit kanker kelenjar getah bening, antara lain :
  1. Keringat dingin di malam hari
  2. Gatal-gatal seluruh tubuh
  3. Demam tinggi tanpa sebab
  4. Sesak nafas batuk batuk
  5. Makan sedikit dan nafsu makan menurun.
  6. Pembengkakan Kelenjar getah bening

Penyebab Kelenjar Getah Bening

Penyebab utama kanker limfotik atau kelenjar getah bening meliputi :
  1. Merokok dan gaya hidup yang tidak sehat
  2. Kerap meminum Alkohol setiap hari
  3. Jarang melakukan aktivitas berolahraga
  4. Jarang minum air putih
  5. Faktor keturunan
  6. Sistem immunitas yang lemah
  7. Makanan dan toksin lingkungan yang banyak mengandung pengawet, pewarna kimia, dan herbisida.
Penyebab utama pada umumnya berawal dari infeksi virus, seperti influenza (flu biasa). Namun, ada jenis lain dari infeksi limfotik. Kemungkinan penyebab lain adalah bakteri, parasit, dsb. Berikut ini infeksi yang menjadi penyebab kelenjar getah bening antara lain :

1. Infeksi Umum Kelenjar Getah Bening

  1. Campak
  2. Radang Tenggorokan
  3. Abses, yaitu gigi yang terinfeksi
  4. Mononukleoisis
  5. Infeksi Telinga
  6. Infeksi luka pada kulit seperti ersipelas dan selulitis
  7. HIV (Human Immunodeficiency Virus) – virus yang menyebabkan AIDS

2. Infeksi Jarang Kelenjar Getah Bening

  1. Infeksi PMS, menular sexsual tertentu seperti sifilis
  2. TBC (Tuberculosis)
  3. Toksoplasmosis adalah infeksi parasit yang dihasilkan dari makan daging kurang matang dengan kotoran kucing

3. Gangguan Sistem Kekebalan Kelenjar Getah Bening

  1. Rheumatoid Arthritis adalah infeksi penyakit kronis yang dapat menargetkan jaringan yang melapisi sendiri sinovium
  2. Lupus adalah infeksi penyakit kronis yang menargetkan kulit, sel darah, ginjal, sendir, paru-paru dan jantung

4. Kanker

  1. Leukemia merupakan kanker jaringan pembentuk darah dalam tubuh Anda, termasuk sistem limfatik dan sumsum tulang belakang Anda
  2. Limfoma merupakan kanker yang berasal dari organ limfatik dalam tubuh Anda.
Mungkin penyebab lain yang dapat terjadi adalah obat-obatan tertentu seperti obat anti kejang, obat-obatan pencegahan malaria, tetapi bukan obat untuk penyakit kelenjar getah bening. Jika memang infeksi merupakan penyebab dari pembesaran Kelenjar Getah Bening dan penyakit ini tidak segera diobati, maka komplikasi yang kemungkinan terjadi adalah :
  • Infeksi aliran darah (bakteremia). Infeksi bakteri dimana saja terjadi dalam tubuh Anda yang dapat berkembang menjadi sepsis diakibatkan oleh infeksi berat dalam aliran darah Anda. Sepsis yang berkembang dalam tubuh dapat menyebabkan kematian dan kegagalan organ.
  • Pembentukan Abses. Abses adalah nanah yang berkumpul disebabkan oleh infeksi. Didalam nanah berisi cairan sel darah putih. Jaringan, bakteri, dll akan mati dengan sendirinya.

Upaya Pencegahan dan Pengobatan Kelenjar Getah Bening

  1. Jika kelenjar getah bening disebabkan adanya infeksi maka sebaiknya Anda melakukan pengobatan dengan menggunakan antibiotik
  2. Jika kelenjar getah bening diakibatkan oleh gangguan kekebalan tubuh maka sebaiknya Anda segera melakukan pengobatan dengan mengatur pola hidup dan pola makan serta rajin berolahraga.
  3. Jika kelenjar getah bening diakibatkan oleh kanker, maka sebaiknya Anda melakukan pengobatan dengan menggunakan radiasi, kemoterapi, atau operasi kelenjar getah bening.
Untuk upaya pencegahan dan pengobatan terbaik maka kami sarankan untuk kepada Anda untuk mengkonsumsi Obat Kelenjar Getah Bening Herbal Alami

Itulah sedikit informasi mengenai Gejala dan Penyebab Kelenjar Getah Bening, semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Obat Alami