banner

author photo

Makanan Penderita Penyakit Gagal Ginjal Anjuran dan Pantangannya

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Penyakit Gagal Ginjal – Para peneliti menemukan hubungan erat antara penyakit kronis, peradangan dengan makanan super yang dapat mencegah atau melindungi tubuh terhadap oksidasi asam lemak yang tidak diinginkan, suatu kondisi yang terjadi ketika oksigen dalam tubuh Anda bereaksi dengan lemak dalam darah dan sel-sel Anda. Oksidasi adalah proses normal untuk produksi energi dan berbagai reaksi kimia dalam tubuh, tetapi oksidasi berlebihan dari lemak dan kolesterol menciptakan molekul yang dikenal sebagai radikal bebas yang dapat merusak protein Anda, membran sel dan gen. Penyakit jantung, kanker, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson dan kondisi kronis dan degeneratif lainnya telah dikaitkan dengan kerusakan oksidatif.

Baca : Gejala dan Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu menetralisir dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Banyak dari makanan yang melindungi tubuh dari oksidasi, yang biasanya dimasukkann dalam menu diet dan pilihan terbaik untuk dialisis pasien atau orang dengan penyakit gagal ginjal kronis (CKD). Makan makanan yang sehat, bekerja dengan ahli diet ginjal dan mengikuti diet ginjal sangat penting bagi penderita penyakit ginjal. Pasien penyakit ginjal kronis akan mengalami peradangan dan memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit kardiovaskular.

Makanan Penderita Penyakit Gagal Ginjal

Berikut 15 Anjuran Makanan Terbaik Untuk Penderita Gagal Ginjal Rekomendasi Dokter

1. Paprika Merah

1/2 cangkir paprika merah = 1 mg sodium, 88 mg kalium, fosfor 10 mg
Paprika merah rendah kalium dan tinggi dalam rasa, tapi itu bukan satu-satunya alasan paprika dimasukkan dalam diet ginjal. Ini sayuran lezat yang merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan vitamin A, serta vitamin B6, asam folat dan serat. Paprika merah mengandung lycopene, antioksidan yang melindungi tubuh terhadap kanker tertentu.
Untuk menyertakan paprika merah dalam diet ginjal, memakannya mentah dengan saus sebagai camilan atau makanan pembuka, atau mencampurkannya sebagai salad tuna atau salad ayam. Anda juga dapat mengkonsumsi paprika panggang dan menggunakannya sebagai topping pada sandwich atau salad selada, dan ditambahkan ke telur dadara atau daging sapi.

2. Kubis

1/2 cangkir kubis hijau = 6 mg sodium, 60 mg kalium, fosfor 9 mg
Kubis merupakan sayuran cruciferous. Kubis mengandung banyak fitokimia, senyawa kimia dalam buah atau sayuran yang memecah radikal bebas. Kubis juga mengandung phytochemical yang berfungsi melawan kanker, serta kesehatan jantung. Sulforaphane, fitokimia dalam sayuran, dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan sel kanker di paru-paru, usus besar, payudara, kandung kemih, prostat dan kanker ovarium.

Selain itu, sayuran ini juga tinggi vitamin K, vitamin C dan serat. Kubis juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B6 dan asam folat, serta rendah kalium. Dan yang pasti kubis harganya murah sehingga dapat dinikmati semua kalangan.

3. Bunga Kol

1/2 cangkir kembang kol rebus = 9 mg sodium, 88 mg kalium, fosfor 20 mg. Sayuran cruciferous lainnya, kembang kol tinggi vitamin C dan merupakan sumber yang baik dari folat dan serat. Bunga kol juga tinggi akan indoles, glucosinolates dan tiosianat, senyawa yang membantu hati menetralkan zat-zat beracun yang dapat merusak membran sel dan DNA.

4. Bawang Putih

1 siung bawang putih = 1 mg sodium, 12 mg kalium, fosfor 4 mg. Bawang putih membantu mencegah pembentukan plak pada gigi, menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan.

5. Bawang

1/2 cangkir bawang = 3 mg sodium, 116 mg kalium, fosfor 3 mg. Onion, anggota keluarga Allium dan bumbu dasar dalam banyak hidangan yang dimasak, mengandung senyawa sulfur yang memberikan bau yang tajam. Tapi selain membuat Anda menangis, bawang juga kaya akan flavonoid, khususnya quercetin, antioksidan kuat yang bekerja untuk mengurangi penyakit jantung dan melindungi terhadap berbagai kanker.Bawang yang rendah kalium dan sumber yang baik dari kromium, mineral juga membantu metanolisme karbohidrat, lemak dan protein.

6. Apel

1 buah apel dengan kulit = 0 sodium, 158 mg kalium, fosfor 10 mg. Apel telah dikenal untuk mengurangi kolesterol, mencegah sembelit, melindungi terhadap penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker. Tinggi serat dan senyawa anti-inflamasi, membuat apel dapat benar-benar menjauhkan Anda dari dokter.

7. Cranberries

  • 1/2 cangkir koktail jus cranberry = 3 mg sodium, 22 mg kalium, fosfor 3 mg
  • 1/4 cangkir saus cranberry = 35 mg sodium, 17 mg kalium, fosfor 6 mg
  • 1/2 cangkir cranberry kering = 2 mg natrium, 24 mg kalium dan fosfor 5 mg
Buah lezat yang dikenal untuk melindungi tubuh terhadap infeksi kandung kemih dengan mencegah bakteri menempel pada dinding kandung kemih. Dalam cara yang sama, cranberry juga melindungi perut dari bakteri penyebab tukak dan melindungi lapisan saluran gastrointestinal (GI), meningkatkan kesehatan GI. Cranberries juga dapat melindungi tubuh terhadap kanker dan penyakit jantung.

8. Blueberry

1/2 cangkir blueberry segar = 4 mg sodium, 65 mg kalium, fosfor 7 mg. Blueberry tinggi antioksidan fitonutrien disebut anthocyanidins, yang memberikan mereka warna biru, dan penuh dengan senyawa alami yang mengurangi peradangan. Blueberry merupakan sumber yang baik dari vitamin C, mangan, senyawa yang membuat tulang Anda sehat, dan serat. Blueberry dan juga dapat membantu melindungi otak dari beberapa efek penuaan. Antioksidan dalam blueberry dan berry lainnya telah ditunjukkan untuk membantu kerusakan tulang.

9. Raspberi

1/2 cangkir raspberry = 0 mg sodium, 93 mg kalium, fosfor 7 mg. Raspberry mengandung phytonutrient yang disebut asam ellagic yang membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh untuk mencegah kerusakan sel. Mereka juga mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin, antioksidan yang memberikan warna merah. Raspberi juga sumber yang sangat baik dari mangan, vitamin C, serat dan folat, vitamin B, raspberry memiliki sifat menghambat pertumbuhan sel kanker dan pembentukan tumor.

10. Strowberry

1/2 cangkir porsi (5 medium) Strowberry segar = 1 mg sodium, 120 mg kalium, fosfor 13 mg. Strowberry kaya akan dua jenis fenol: anthocyanin dan ellagitannins. Anthocyananins memberikan warna merah Strowberry dan merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi struktur sel tubuh dan mencegah kerusakan oksidatif. Strowberry merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, mangan serta sumber yang sangat baik dari serat. Strowberry memberi perlindungan terhadap jantung, serta anti-kanker dan komponen anti-inflamasi.

11. Cerry

1/2 cangkir cerry manis segar = 0 mg sodium, 160 mg kalium, fosfor 15 mg. Cerry telah terbukti mengurangi peradangan bila dimakan setiap hari. Buah ini juga dikemas dengan antioksidan dan fitokimia yang melindungi jantung.

12. Anggur Merah

1/2 cangkir anggur merah = 1 mg sodium, 88 mg kalium, fosfor 4 mg. Anggur merah mengandung flavonoid yang memberikan warna kemerahan. Flavonoid membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dengan mencegah oksidasi dan mengurangi pembentukan bekuan darah. Resveratrol, sebuah flavonoid yang ditemukan dalam anggur, juga dapat merangsang produksi oksida nitrat yang membantu relaksasi sel-sel otot di pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah. Flavonoid ini juga memberikan perlindungan terhadap kanker dan mencegah peradangan.

13. Putih Telur

2 putih telur = protein 7 gram, 110 mg sodium, 108 mg kalium, fosfor 10 mg. Putih telur adalah protein murni dan memberikan kualitas tertinggi dari protein dengan semua asam amino esensial. Untuk diet ginjal, putih telur menyediakan protein dengan fosfor kurang dari sumber protein lain seperti kuning telur atau daging.

14. Ikan

3 ons salmon liar = 50 mg sodium, 368 mg kalium, fosfor 274 mg. Ikan menyediakan protein berkualitas tinggi dan mengandung lemak anti-inflamasi yang disebut omega-3. Lemak sehat dalam ikan membantu memerangi penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Omega-3 juga membantu menurunkan low-density lipoprotein atau kolesterol LDL, yang merupakan kolesterol jahat, dan meningkatkan high-density lipoprotein atau kolesterol HDL, yang merupakan kolesterol baik.

15. Minyak zaitun

1 sendok makan minyak zaitun = kurang dari 1 mg sodium, kurang dari 1 mg kalium, fosfor 0 mg
Minyak zaitun merupakan sumber asam oleat, asam lemak anti-inflamasi. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun melindungi tubuh terhadap oksidasi. Minyak zaitun kaya akan ployphenols dan senyawa antioksidan yang mencegah peradangan dan oksidasi.

Pantangan Makanan Pasien Gagal Ginjal

Selain makanan yang di anjurkan di atas anda juga harus mengetahui tentang Pantangan Makanan Pasien Gagal Ginjal agar kesehatan pasien tersebut membaik. 5 Pantangan Makanan Untuk Gagal Ginjal Rekomendasi Dokter
  1. Hindari makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi (nasi, jagung, ubi, kentang, pasta, macaroni dan hevermout).
  2. Hindari makanan yang mengandung protein tinggi (daging ayam, daging kambing, ikan, udang, telur, hati dan keju).
  3. Hindari sayuran dan buah yang mengadung tinggi kalium (apel, alpukat, jeruk, pisang, anggur, kubis, buncis, kembang kol, seledri, stroberi, pepaya dan daun papaya).
  4. Hindari makanan olahan yang banyak mengandung garam (makanan beku, sup kalengan, makanan cepat saji, camilan asin dan sayuran dalam kaleng)
  5. Hindari konsumsi makanan yang mengandung zat fosfor (selai kacang, jenis kacang-kacangan, kacang kering, susu dan keju).

Baca juga : Obat Alami Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah

Tidak terkontrolnya Pasien Gagal Ginjal dalam mengkonsumsi salah satu jenis makanan diatas akan berdampak sangat tidak baik. Seperti apabila Pantangan Makanan yang mengandung fosfor dikonsumsi secara berlebihan makan akan mengakibatkan lemahnya tulang dan menimbulkan gatal-gatal pada kulit.

Demikianlah artikel mengenai Makanan Penderita Penyakit Gagal Ginjal Anjuran dan Pantangannya. Semoga bermanfaat untuk Anda

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Obat Alami